Rabu, 10 November 2010

KELEMAHAN DAN KEUNGGULAN POSISI SILANG INDONESIA


BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Indonesia mempunyai sejarah yang panjang dalam upaya membentuk menjadi suatu negara kesatuan yang kemudian disebut dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Periode sejarah di Indonesia dibagi dalam 5 (lima) era yaitu, Era Prakolonial yaitu dengan munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha serta Islam di Jawa dan Sumatera yang terutama mengandalkan perdagangan; Era Kolonial,yaitu dimana mulai masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda) yang menginginkan rempah-rempah serta kekuasaan sehingga menyebabkan penjajahan Belanda selama hampir 3,5 abad (1596-1942) serta jaman penjajahan Jepang (1942-1945);Era Pra Kemerdekaan Awal, yaitu jaman Orde Lama, setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan jatuhnya pemerintahan Soekarno; Era Orde Baru yaitu selama kepemimpinan Soeharto sekitar 32 tahun (1966-1998); dan Era Reformasi yang berlangsung sampai dengan sekarang,pada kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.
Pada jaman Orde Baru, jumlah provinsi di Indonesia ada sebanyak 27 (dua puluh tujuh) provinsi dari Sabang sampai Merauke. Namun karena adanya pergulingan pemerintahan, adanya gerakan-gerakan yang dianggap sebagai pemicu perpecahan atau ingin memecahkan diri seperti Timor-Timur, sekarang bernama Timor Leste,yang akhirnya terpaksa dilepaskan , sekarang sudah menjadi sebuah negara tersendiri. Pada masa sekarang sudah menjadi 33 (tiga puluh tiga) provinsi, dimana ada sebagian daerah yang memisahkan diri dan mendirikan sebuah provinsi sendiri, itu dikarenakan adanya otonomi daerah (otoda).

B.   LETAK GEOGRAFIS INDONESIA
Wilayah Indonesia merupakan negara Kepulauan yang berbentuk republik, yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Indonesia memiliki lebih kurang 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2 Berdasarkan posisi geografisnya, negara Indonesia memiliki batas-batas: Utara - Negara Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan. Selatan - Negara Australia, Samudera Hindia. Barat - Samudera Hindia. Timur - Negara Papua Nugini, Timor Leste, Samudera Pasifik. Namun sayangnya wilayah Indonesia sekarang mulai berkurang,antara lain karena adanya wilayah yang ingin memisahkan diri (seperti :Timor Timur),direbut negara lain (Pulau Ligitan dan Sepadan yang direbut oleh Malaysia) serta karena pengaruh iklim dan cuaca yang mengakibatkan pulau-pulau kecil hilang karena pasang surut air laut. Indonesia mempunyai 2 (dua) musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Namun karena pengaruh pemanasan global, menyebabkan cuaca yang ekstrim yang tadinya harus musim kemarau malah menjadi musim penghujan, terkadang adanya kejadian alam seperti angin puting beliung,banjir,dsb.
Untuk menentukan posisi geografis Indonesia, dapat dirinci sebagai berikut :
1.       Letak Astronomis
Indonesia termasuk ke dalam garis katulistiwa yang terletak di 6° LU- 11° LS dan 95° BT- 141° BT yang menyebabkan Indonesia terdapat dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Karena pengaruh pemanasan global, cuaca yang terjadi di Indonesia menjadi tidak menentu,terkadang terjadi cuaca ekstrim yang menyebabkan mewabahnya penyakit seperti demam,batuk,pilek,dsb. Pemanasan global tersebut diakibatkan antara lain karena pembakaran dan penebangan hutan secara liar,polusi udara yang disebabkan asap kendaraan bermotor,pemakaian freon,dsb. Padahal Indonesia mempunyai kontribusi yang sangat besar bagi dunia dimana lahan hijaunya seperti hutan (sumber oksigen) masih banyak.
2.       Letak Geografis
Secara geografis, wilayah kepulauan Indonesia terletak diantara 2 (dua) Benua yaitu Benua Asia dan Australia, serta terletak diantara 2 (dua) Samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Posisi ini mempunyai peranan penting dalam iklim maupun perekonomian. Letak geografis adalah letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.
3.       Letak Geologis
Secara geologis wilayah Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda dunia yaitu Pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur. Adanya dua jalur pegunungan tersebut menyebabkan Indonesia banyak memiliki gunung api yang aktif dan rawan terjadinya gempa bumi. Seperti yang terjadi sekarang ini, sering terjadi bencana alam seperti tsunami,gempa bumi dan gunung berapi yang meletus. Kejadian Gunung Merapi yang meletus yang terjadi beberapa minggu ini telah menelan banyak korban. Akibat yang ditimbulkan adalah musnahnya makhluk hidup seperti flora dan fauna di sekitar Gunung Merapi, hujan abu yang menghujani  wilayah Yogyakarta,Magelang,Klaten bahkan sampai daerah Bandung.

C.   SUMBER MATA PENCAHARIAN PENDUDUK
Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah di sektor pertanian. Selain itu banyak juga di sektor perdagangan, perikanan, pertambangan,industri, jasa,paiwisata,dsb. Penduduk di Indonesia termasuk dalam 5(lima) negara dengan penduduk terpadat di dunia. Ibukota DKI Jakarta sendiri masuk dalam 10 (sepuluh) besar kota terpadat di Dunia. Mata pencaharian dengan cara bertani sepertinya sudah mulai tergeser, beralih ke industri atau perdagangan. Yang semula adalah tanah sawah, dalam waktu beberapa tahun kemudian berubah menjadi perumahan atau pabrik. Namun yang sangat disayangkan adalah di Indonesia masih terdapat banyak penggangguran dan masyarakat ekonomi lemah. Terdapat jurang pemisah yang tajam antara yang kaya dengan yang miskin.Yang kaya semakin kaya, sedangkan yang miskin semakin miskin. Sebagian alasan itulah kiranya, di Indonesia terjadi banyak sekali kejahatan.
D.   KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA
Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau, baik besar maupun kecil. Kondisi itulah yang menyebabkan masyarakat menjadi beraneka ragam, baik suku, agama, ras, adat-istiadat, kebudayaan maupun bahasa. Untuk agama yang diakui di Indonesia ada 5, yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, dan Budha. Kondisi inilah yang menjadikan masyarakat Indonesia menjadi rentan akan perpecahan, maka dalam Pancasila yang digunakan sebagai dasar negara, mencantumkan  sila ketiga “ Persatuan Indonesia”. Terdapat istilah “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Inilah yang diharapkan oleh bangsa Indonesia, walaupun terjadi beraneka ragam perbedaan, namun adanya satu keinginan yang sama,yaitu sebuah persatuan. Karena persatuan akan semakin menguatkan kondisi negara Indonesia. Kenyataannya sekarang, seperti diberitakan baik di media massa maupun elektronik, terjadi konflik baik antar suku ataupun dalam suku sendiri. Diharapkan masyarakat Indonesia tetap bersatu, jangan mudah terpancing emosi karena akan menggoyahkan Kesatuan Negara Republik Indonesia.

 
BAB II
ISI

Posisi silang Indonesia merupakan posisi negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera dan dua benua yang membawa keuntungan dan kerugian tertentu dalam aspek kehidupan. Untuk itu maka diperlukan Wawasan Nusantara pada pribadi setiap warga Indonesia. Wawasan Nusantara sendiri merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam. Wawasan nusantara memiliki dua tujuan yaitu tujuan ke luar dan tujuan ke dalam. Wawasan nusantara berkaitan dengan Pancasila dan UUD 1945 yang berfungsi menjadi pedoman pokok berkehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Selain itu, wawasan nusantara juga berkaitan dengan ketahanan nasional yang berfungsi sebagai doktrin dasar pengaturan kehidupan nasional. Implementasi wawasan nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi. Sikap mementingkan diri sendiri adalah sikap egois. Namun begitu, jangan sampai menerapkan sifat chauvinisme dimana seseorang atau kelompok menganggap dirinya/kelompoknya/negaranya paling benar,intinya memandang rendah orang lain/kelompok lain /negara lain.
Untuk membahas kelemahan dan keunggulan posisi silang Indonesia, dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu :
A.   POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI GEOGRAFIS
Dari segi geografis, letak wilayah Indonesia sangat strategis. Salah satu buktinya adalah pernah dijajah oleh Portugis dan pemerintah kolonial Belanda yang menginginkan rempah-rempah, dengan daerah Eropa yang jauh, sampai datang ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah. Mereka menginginkan rempah-rempah karena di Eropa terdapat 4(empat) musim, yaitu musim panas,musim gugur,musim dingin dan musim semi. Pada musim dingin mereka memerlukan penghangat,berupa rempah-rempah. Mereka sengaja berlayar sampai datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah.
Di Indonesia mempunyai tanah yang sangat subur, sehingga banyak flora dan fauna hidup di Indonesia dari Aceh sampai Papua. Bisa dikatakan sebagai surganya dunia, karena setiap apa yang ditanam pasti akan tumbuh, biji buah pun jika jatuh ke tanah dapat tumbuh. Sumber mineral maupun flora dan fauna di dalam laut pun beragam. Tidak hanya itu saja, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti nikel,baja,intan,tembaga,dll pun banyak ditemui di Indonesia. Namun sekarang terjadi begitu banyak  bencana melanda bangsa Indonesia, baik karena bencana alam, maupun bencana yang diakibatkan oleh kelalaian ataupun kesengajaan manusia, dalam hal ini masyarakat Indonesia sendiri. Sebagai contoh adalah pembakaran hutan, hal ini menyebabkan polusi udara dan juga berkontribusi kepada pemanasan global. Bukti pemanasan global adalah mulai mencairnya gunung es di kutub utara. Pembakaran hutan seperti dilakukan di wilayah Sumatera seperti di Jambi, Kepulauan Riau,dsb selain membuat kabut asap di daerah tersebut juga mengirimkan kabut asap ke negeri tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Kondisi tersebut bukan hanya menjadi masalah nasional saja, namun sudah merambah ke negara lain.
Kelemahan dan keunggulan posisi silang di Indonesia dengan negara lain :

1.       KELEMAHAN
a.       Dalam hal perbatasan, Indonesia sangat lemah. Dikatakan demikian karena buktinya dalam mempertahankan beberapa pulau yang masuk perbatasan di wilayah Indonesia, seperti Pulau Sepadan dan Ligitan,yang diklaim/diakui dan diperebutkan oleh Malaysia, yang pada akhirnya berujung pada pengadilan hukum internasional, Indonesia kalah. Hasil yang didapat adalah Indonesia terpaksa merelakan pulau-pulau tersebut untuk Malaysia. Kedaulatan Negara Indonesia seperti dipermalukan oleh dunia internasional mengenai hal itu.
b.      Dengan banyaknya wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain, karena kurangnya kesadaran dan kepedulian di daerah perbatasan, akhirnya kondisi kehidupan di daerah perbatasan sangat miris dan ironis, berbeda dengan wilayah perbatasan negara lain yang berbatasan dengan wilayah Indonesia.
c.       Tanah di Indonesia mulai berkurang. Dikatakan demikian karena tanah di Indonesia mulai dikeruk untuk membangun kota di Singapura.Singapura adalah negara yang kecil, namun dalam jangka sepuluh tahun wilayahnya bertambah karena menimbun tanah untuk memperlebar wilayahnya dengan cara mengambil tanah dari pulau-pulau kecil di Indonesia.sehingga wilayah Indonesia menjadi berkurang.

2.       KEUNGGULAN/KELEBIHAN
a.       Memudahkan jika ingin pergi ke negara lain, seperti Malaysia dan Singapura.

B.   POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI POLITIK
1.       KELEMAHAN
a.       Antara Negara Indonesia dengan negara-negara lain mempunyai pandangan ideologi yang berbeda, kalau tidak terarah bisa menimbulkan konflik atau peperangan. Harus ada pihak yang bisa menengahi untuk membantu menyelesaikan konflik, bukan memihak ke salah satu pihak. Sebagai contoh adalah perebutan Pulau Sepadan dan Ligitan oleh Malaysia
b.      Ideologi negara-negara lain yang menguntungkan bagi mereka, namun belum tentu menguntungkan bagi negeri sendiri, akan menimbulkan retaknya persatuan bangsa.

2.       KEUNGGULAN/KELEBIHAN
a.       Memudahkan dalam melakukan kesepakatan dengan negara lain
b.      Saling menjalin kerjasama atau kesepakatan

C.   POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI PEREKONOMIAN
1.       KELEMAHAN
a.       Dengan mudahnya perdagangan dari luar masuk ke Indonesia sebagai jalur lalu lintas, masyarakat dalam negeri sendiri malah lebih menyukai produk-produk dari luar ketimbang produk-produk dalam negeri, terutama masyarakat yang berpenghasilan menengah ke atas.
b.      Perusahaan-perusahaan asing mulai bermunculan di Indonesia, namun yang parah adalah, banyak perusahaan milik anak negeri dijual ke pihak asing, itu sangat ironis. Lama-kelamaan semua perusahaan akan menjadi milik asing, Indonesia hanya sebagai tempat.  Itu dikarenakan sumber daya manusia berkualitas, jika pun ada hanya sedikit. Apabila adapun kurang dimanfaatkan.
c.       Budaya asing yang tidak baik seperti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme adalah bawaan dari kaum penjajah, selain itu karena pengaruh luar juga seperti di Republik Rakyat China.

2.       KEUNGGULAN/KELEBIHAN
a.       Merupakan jalur lalu lintas perdagangan dunia, menjadi transportasi negara-negara lain, yang artinya dapat menambah devisa/pemasukan negara.
b.      Mempermudah hubungan dengan negara lain dalam bidang perdagangan. Misalnya Indonesia mengimpor beras dari
c.       Persaingan yang sangat menguntungkan

D.   POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI SOSIAL DAN BUDAYA
1.       KELEMAHAN
a.       Karena mudahnya pengaruh luar masuk, masyarakat Indonesia lebih mengenal budaya asing seperti lagu, masyarakat Indonesia lebih tahu music luar seperti Hip Hop, Jazz, R n B, ketimbang lagu daerah seperti keroncong atau campursari. Tidak hanya pada lagu, yang lain pun mulai luntur, seperti tari-tarian,bahasa,dsb. Budaya asing tersebut cepat berkembang.
b.      Dari segi perilaku pun, masyarakat sekarang sudah ada yang ikut-ikutan aliran luar dengan kebebasan yang terlalu bebas. Maksudnya disini adalah, kurangnya rasa kesopanan terhadap orangtua/orang yang lebih tua, selain itu terdapat budaya luar yang begitu buruk, yaitu perilaku seks bebas “free sex”.
c.       Tontonan dan adegan seperti film yang kurang bahkan tidak pantas yang berasal dari luar, membawa efek buruk bagi bangsa Indonesia. Sebagian adegan tersebut malah ditirukan oleh artis dalam negeri yang masyarakat menganggap itu adalah sebuah trendcenter, semacam pusat gaya yang perlu ditiru terutama anak muda. Padahal itu sebenarnya malah membuat turunnya nilai moralitas bangsa.
d.      Tindak kejahatan semakin meningkat. Indonesia merupakan lahan subur dalam distribusi ataupun sebagai jalur lalu lintas perdagangan Narkotika dan obat-obatan terlarang seperti: shabu-shabu,ganja,ekstasi,morphin,heroin,dll.

2.       KEUNGGULAN/KELEBIHAN
a.       Sebagai sumber penghasilan di bidang pariwisata. Di Indonesia memiliki banyak daerah wisata baik berupa pantai,candi,keraton,dsb.
b.      Memperkenalkan wisata dalam negeri kepada dunia internasional kalau Indonesia mempunyai kekayaan alam dalam hal ini wisata yang membanggakan dan dikenal oleh mata internasional seperti wisata pantai di Bali.

E.    POSISI SILANG INDONESIA DILIHAT DARI SEGI PERTANAHAN DAN KEAMANAN
1.       KELEMAHAN
a.       Perebutan sumber kekayaan alam.
b.      Terjadinya ketegangan apabila salah satu pihak dalam hal ini negara dirugikan.

2.       KEUNGGULAN/KELEBIHAN
a.       Saling membantu dalam hal menjaga dan ikut melaksanakan ketertiban dunia sesuai dengan isi dari Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945

3 komentar: